Blog Informan8

Membuat Form Login VB.Net Database SQL Server

Membuat Form Login VB.Net Database SQL Server

Pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit kepada sobat bagaimana cara membuat form login dengan database SQL di VB.Net. VB.Net merupakan Program Aplikasi untuk membuat sebuah aplikasi guna dapat membantu setiap pekerjaan kita menjadi lebih baik, cepat dan akurat. Dan setiap aplikasi yang sudah dihasilkan tidak ada salahnya bila sobat membuat sebuah kunci akses dimana sebuah program tidak dapat dibuka selain orang yang tau akan password program aplikasi tersebut. Selain itu juga Form Login adalah form yang digunakan sebagai pengaman atau penyaring user, apabila di form login user memasukan id dan passwordnya dengan benar maka program akan lanjut ke form berikutnya, tapi apabila di form login user memasukan id dan passwordnya salah akan ada pemberitahuan dari program tersebut. Dan biasanya dalam membuat form login hanya berisi dua buah kolom text yaitu id dan Password.


Membuat Form Login VB.Net Database SQL Server

Bagaimana Membuat Form Login dengan Database SQL di VB.Net ?

Sebernya mudah dalam membuat form login di vb.Net akan tetapi memang dibutuhkan pemahaman yang lebih dalam membuat program aplikasi. Membuat Form Login dengan Database SQL di VB.Net pada dasarnya sama dengan menggunkan database yang lainnya misalnya Miscrosoft Acces, yang membedakan hanyalah Penyusunan dalam membuat koneksi terhadap database tersebut.

Tidak perlu berlama-lama lagi langsung saja kita coba Membuat Form Login dengan Database SQL di VB.Net !
1. Buatlah database dengan contoh db_saya dan nama table tb_login dengan field sebagai berikut :

userid-----------varchar(50)l---------primarykey
nama -----------varchar(50)
pass ------------varchar(50)2. Buatlah koneksi menggunakan module di Vb.Net dengan Database SQL. Bila sobat belum tahu silahkan lihat disini.

3.Buatlah Decralasi sebagai berikut dan letakan di paling atas form login :
Imports System.Data.Sql
Imports System.Data.SqlClient


4. Coding Untuk Login Itus Sendir Sebagi Berikut :


Dim Sql, user, pass As String 
user = txtuser.Text--->namatexbox 
pass = txtpass.Text--->namatexbox 
koneksi.Close() 
 Call buka() 
Sql = "SELECT * FROM tb_login WHERE userid='" + user + "' AND pass='" + pass + "'" 
cmd = New SqlCommand(Sql, koneksi) 
baca = cmd.ExecuteReader() 
If baca.HasRows = True Then 
Form1.Show() 
Me.Hide()
Else 
MessageBox.Show("Kombinasi Username dan Password Salah", "Konfirmasi", MessageBoxButtons.OK, MessageBoxIcon.Error) txtuser.Focus() 
End If 
txtuser.Text = "" 
txtpass.Text = "" 
baca.Close() 
cmd.Dispose() 
 End sub 

Form1.Show diatas adalah nama menu utama yang akan tampil setelah login. Jadi sobat bisa ganti dengan menu utama yang sobat desain sendiri. Bila sobat ingin downlod file projectnya bisa di downlods disini. Terimakasih telah meriview Membuat Form Login VB.Net Database SQL Server. Silahkan untuk berkomentar bila sobat ingin bertanya.



Back To Top